Gejala dan Penyebab Serta Cara Mengatasi Penyakit Asma

Penyakit Asma. Gejaa awal untuk penyakit asma ini adalah ditandai dengan adanya sesak nafas, batuk, dan suara menjadi mengi atau bengek yang penyebabnya adanya penyempitan serta sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada yang membuat saluran udara menjadi terhambat. Biasanya penyakit ini bisa dirasakan ketika pagi dan malam hari.

http://sehatsyari.blogspot.co.id/

 Baca juga : Nasehat Kata Mutiara Islam Tentang Kesehatan dan Cinta

Apa Penyebab Penyakit Asma ini ?


 Penyakit asma yang diambil dari bahasa yunani yang artinya sulit bernafas ini adalah keadaan dimana saluran pernafasan bagian bronkial paru-paru mengalami penyempitan disebabkan karena hiperaktiitas terhadap rangsangan tertentuyang menyebabkan peradangan.

http://sehatsyari.blogspot.co.id/

 
Beberapa Penyebab Penyakit Asma

1.  Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca disini biasanya yang banyak menjadikan timbulnya penyakit asma yaitu perubahan dari musim panas berubah ke dingin. Jadi sobat lebih hati-hati jika mengalami perubahan yang seperti ini.

http://sehatsyari.blogspot.co.id/


2. Makan Telur dingin

Jika sobat tidak ingin terkena penyakit ini terlebih-lebih felk paru-paru, hindari makan telur rebus dalam keadaan dingin secara terus menerus. Karena akan menyebabkan timbulnya penyakit asma dan flek paru-paru.

http://sehatsyari.blogspot.co.id/


3. Penyakit Turunan

Sesuatu bisa saja terjadi ketika anggota keluarga bisa ayah atau ibu pernah mengidap penyakit asma ini, kaau kurang menjaga kesehatan bisa saja menular pada anggota keluarga yang lain terutama pada anaknya.

4. syistem Kekebalan Tubuh

Ini juga sangat brpengaruh dalam mengantusipasi timbulnya penyakit asma, tentunya syiste kekebalan tubuh seseorang dengan orang lain pasti berbeda. Umumnya para penderit penyakit asma mempunyai respon elergi yang berlebihan terhadap faktor-faktor yang menurut orang lain biasa padahal kemungkinan sanagatlah perlu diwaspadai untuk Gejala dan Penyebab Serta Cara Mengatasi Penyakit Asma ini.

5.  Udara Dingin

Jika sobat pernah melihat orang yang terkena penyakit asma ini, kebanyakan dari mereka adalah yang suka dengan hawa atau udara yang agak sejuk seperti AC karena ruangannya terlalu dingin yang paling banyak memicu terjadinya asma. jika sobat sudah pernah mengidap penyakit ini, usahakan kalau keluar rumah pada waktu malam hari tebali baju dengan jaket. Karena rawan terjadi.

6.  Polusi Udara dan Debu

 Ini juga sangatlah bebahaya walaupun dilihat sangat spele kalau tiap hari kita lalui dengan udara kurang bersih maka akan terjadi pemicunya penyakit asma ini. mka dimanapun sobat berada harus waspada, karena banyak dari mereka yang suka menyepelekan dengan keadaan ini.

7.  Makanan dan Minuman

Diantara minuman dan makanan yang sekarang ini banyak menggunakan bahan pengawet yang super, makanan yang mengandung MSG yang terlalu tinggi, dan minuman yang terdapat pewarna sintetik dan minuman yang bersifat dingin. Itu semua kurang baik bagi kesehatan seseorang yang mengidapa penyakit asma. dan bisa juga menjadi pemicu timbulnya penyakit asma ini jika dilakukan secra terus menerus.

8.  Obat-Obatan Tertentu

Ini diberlakukan bagi sobat yang sudah pernah terkena penyakit asma, untuk supaya lebih berhati-hati jika menggunakan sesuatu obat atau makan bisa jadi menjadikan penyakit asmanya kambuh lagi. Mintalah saran kepada dokter dulu untuk sementara waktu.

9.  Ligkungan

Jaga lingkungan sobat terutama masalah rokok yang sekrang ini setiap oarang hampir merokok semua. Jika ada yang mengidap atau sudah pernah terkena penyakit asma ini sebaiknya untuk berhati-hati dan menghindar saja. Apalagi terhadap udara kotor ..

http://sehatsyari.blogspot.co.id/


Beberapa Gejala Penyakit Asma


  • Merasa Capek
  • Bersin-bersin, hidung berair atau mampet
  • merasa tegang, gugup dan ketakutan
  • susah tidur
  •  Sulit bernafas sehingga tubuhpun kelihatan membiru
  • Biasanya ada warna hitam dibawah mata
  • Untuk konsetrasi dan bicara akan terasa sulit
  • dahi berkeringat dan mengalami demam ringan
  • Tersenagl-sengal dan sesak bagian dada
  • Mual dan ingin muntah
  •  Kalau bernafas biasanya dibarengi dengan suara mengi
  • gatal pada tenggorokan dan biasanya mengalami batuk-batuk
  • Jika ada penderita biasanya kalau ingin bernafas selalu mengambil posisi duduk tegak lurus.
Faktor penyebab yang Paling Umum

Biasanya seseorang jika makan suka tidak memperdulikan apa yang dia makan terutama pada waktu minum dan juga kurang begitu memperhatikan tatacara terutama masalah ilmu makan dan menu makan. begitu juga keadaan lingkungan kerja yang kurang bersih, terutama bagi pekerja keras seperti di pabrik. dan yang lebih parah lagi  seseorang pengguna AC baik di kantor maupun di rumah dengan keasyikan keadaan sekitar mereka justru lupa akan kesehatannya terutama penyakit asma yang rawan pada cuaca dingin.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Gejala dan Penyebab Serta Cara Mengatasi Penyakit Asma ini, semoga bermanfaat dan membuahkan hasil yang maksimal untuk menjaga kesehatan sobat.
Baca Juga : Cara cepat Diet yang Benar dan Sehat

 




Tag : Kesehatan
Back To Top